Fungsi Penting Pabrik Pengolahan Susu

Susu merupakan salah satu makanan pokok yang dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Semua produk susu kaya akan kalsium, vitamin D, dan nutrisi. Produk susu sangat penting untuk diet seimbang yang sehat dan harus dikonsumsi oleh orang-orang dari semua kelompok umur setiap hari. Saat ini ada sejumlah besar pabrik pengolahan susu di seluruh dunia. Seluruh proses dimulai di peternakan sapi perah. Peternakan sapi perah adalah peternakan yang digunakan untuk memelihara ternak seperti sapi, kambing dan kerbau untuk tujuan pemerahan.

Fungsi Pabrik Pengolahan

Seperti disebutkan sebelumnya, seluruh proses dimulai di susu di mana sapi digunakan untuk mendapatkan susu. Setelah dikumpulkan dari ternak, harus diklarifikasi dan dipisahkan. Kemudian diperkaya dengan vitamin esensial. Untuk mengurangi jumlah lemak dan membunuh bakteri, kemudian dihomogenkan dan dipasteurisasi. Setelah prosedur ini selesai, produk dikemas dan dijual dalam paket atau karton.

Sapi diperah dua kali sehari di setiap peternakan. Di peternakan besar prosedur dilakukan dengan menggunakan peralatan vakum. Kemudian dipindahkan ke tangki berpendingin besar. Tangki ini dikumpulkan oleh truk besar yang mengangkut produk ke pabrik pengolahan. Sebelum mengangkut produk ke pabrik pengolahan, rasa dan suhu produk diuji untuk memastikan bahwa produk tersebut layak untuk digunakan.

Truk tersebut kemudian diangkut ke pabrik pengolahan. Di pabrik pengolahan susu, produk dipompa ke tangki khusus. Kemudian diambil untuk proses pemisahan dan klarifikasi.

Di pabrik pengolahan susu, produk dipisahkan dari bakteri dan sisa-sisa yang tidak diinginkan sehingga sangat ideal untuk dikonsumsi. Proses ini dikenal sebagai klarifikasi. Itu berputar dalam tong besar untuk beberapa waktu. Putaran awal memisahkan semua jenis bakteri dan kotoran dari produk. Kemudian dipintal lagi untuk memisahkan susu berat dan ringan.

Pada langkah selanjutnya, produk diperkaya dengan vitamin. Baik vitamin D dan Vitamin A dicampur ke dalam produk dalam jumlah yang akurat. Dengan proses fortifikasi produk dengan vitamin, maka produk siap untuk dipasteurisasi. Prosesnya melibatkan pemanasan produk untuk membunuh bakteri yang tersisa di dalamnya. Dalam proses pasteurisasi, produk dipanaskan dan melewati pipa baja.

Langkah selanjutnya melibatkan homogenisasi yang menghilangkan lemak dari produk. Produk dipanaskan untuk mengurangi partikel lemak yang ada di dalamnya. Tanpa proses homogenisasi, partikel lemak akan mengapung di atas susu.

Proses terakhir melibatkan pengemasan produk dalam karton atau kantong plastik. Karton ini sering dicap dengan tanggal dan umur simpan produk. Kemudian diangkut dari pabrik pengolahan ke berbagai bagian negara. Produk juga diangkut ke berbagai belahan dunia. Saat ini berbagai produk susu seperti mentega, keju, es krim dan sebagainya diangkut ke berbagai bagian negara dengan cukup mudah. Berbagai produk susu dapat dibeli dari toko online jual susu kambing etawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *